Selasa, 25 Agustus 2020

Cek Sambungan Pipa Air yang Tersumbat dengan Cara Unik Berikut Ini!

 

Cek Sambungan Pipa Air yang Tersumbat dengan Cara Unik Berikut Ini! - Saluran pipa air menjadi instalasi penting yang berguna untuk mengalirkan air bersih dan membuang air kotor yang sudah digunakan. Tentunya Anda wajib secara rutin melakukan cek saluran pipa air supaya terhindar dari penyumbatan. Nah dalam artikel ini akan dibahas beberapa cara melakukan cek sambungan pipa air yang tersumbat, yuk simak cara uniknya berikut ini!

Salah satu masalah yang sering terjadi pada saluran air di rumah adalah adanya penyumbatan pada saluran pipa, terutama saluran pembuangan air kotor. Hal ini karena banyak kotoran yang sering terbuang bersama air ke saluran pembuangan, jika sudah menumpuk tentunya akan terjadi penyumbatan pada saluran pipa air.



Ciri-ciri Saluran Air Tersumbat

Untuk itu Anda perlu mengetahui ciri-ciri saluran pipa air yang mengalami penyumbatan, yaitu:

  • ·  Air masuk ke saluran pembuangan dengan lambat atau bahkan tidak bisa masuk ke saluran pembuangan sama sekali. Atau biasanya air juga akan kembali lagi setelah masuk ke saluran pembuangan.
  • ·      Saluran air mengeluarkan suara berdeguk, ketika saluran di tempat lain sedang digunakan.
  • ·      Adanya bau tidak sedap disaluran air yang mengalami penyumbatan.

Cara Cek Sambungan Pipa Air yang Tersumbat

Nah jika ketiga ciri diatas Anda temui, Anda perlu melakukan cek sambungan pipa air, berikut beberapa cara yang dapat Anda lakukan:

1.    Gunakan Air Mendidih

Anda dapat menggunakan air mendidih untuk menyiram saluran air yang mengalami penyumbatan. Air mendidih ampun untuk melarutkan sisa makanan yang biasanya menjadi sumber utama penyumbatan pada saluran air.

2.    Gunakan Hanger Kawat

Hanger kawat juga dapat menjadi solusi Anda untuk melakukan cek saluran pipa air yang mengalami penyumbatan. Luruskan hanger dan buat kaitan di ujungnya. Lalu masukkan ke dalam saluran yang tersumbat, kemudian putar dan tarik kotoran yang ada.

3.    Gunakan Soda Api

Soda Api dapat ini menjadi solusi untuk saluran pipa yang mengalami penyumbatan. Anda bisa membelinya di toko bangunan terdekat.

Masalah penyumbatan saluran air ini masih sering dihadapi banyak orang. Usahakan menggunakan pipa air berkualitas atau memiliki sambungan pipa air yang dapat mempermudah Anda melakukan pengecekan. Rucika juga menyediakan Acces Fitting dan Spesial Fitting yang dapat mempermudah Anda melakukan cek sambungan pipa yang tersumbat karena bisa dibuka.

Dengan menggunakan fitting dari Rucika ini tentunya Anda tidak akan bersusah payah lagi dalam melakukan cek pipa air yang tersumbat. Semoga bermanfaat!

Load comments