Rabu, 11 Maret 2020

Tanya Dokter Online Gratis Tentang Penyakit dan Hidup Sehat Jantung


Tanya Dokter Online Gratis Tentang Penyakit dan Hidup Sehat Jantung - Tanya dokter online gratis sudah memajukan dunia kesehatan untuk saat ini. Perkembangan ini membuat setiap orang dengan mudah bertanya dan mendapatkan jawaban dari dokter atas setiap gejala penyakit yang dialami. Salah satu penyakit yang sering dialami adalah penyakit jantung. Jantung merupakan organ vital manusia yang sangat penting dan menjadi penyakit mematikan di Indonesia.



Berikut adalah beberapa jenis penyakit jantung diantaranya:

  • Aritmia merupakan penyakit yang berhubungan dengan detak jantung tidak normal, penderitanya mengalami detak tidak teratur dan menimbulkan masalah secara umum, biasanya menjadi tanda jantung rusak atau lemah, kondisi ini akan menjadi serius bila tidak ditangani, gejalanya seperti jantung berdebar atau detak kencang, pingsan, sakit dada, pusing dan denyut nadi menjadi lambat.
  • Penyakit jantung bawaan merupakan kelainan yang ada sejak bayi lahir, misalnya cacat septum merupakan lubang antara dua bilik jantung, kelainan obstruksi merupakan aliran darah ke berbagai bilik jantung seluruhnya atau sebagian mengalami penyumbatan, penyakit jantung sianotik merupakan kerusakan pada jantung yang kekurangan oksigen, gejalanya kulit menjadi warna biru, sesak napas, lelah, pembengkakan ekstremitas dan irama jantung tidak seperti biasanya.
  • Penyakit jantung koroner pada bagian arteri jantung yang mengalami penyempitan dan tersumbat, penyakit ini merupakan paling umum terjadi, penyakit yang merasakan sakit di dada hingga menyebabkan serangan jantung, gejalanya seperti nyeri pada dada, sesak napas, mual, mengalami perasaan tertekan dan gangguan pencernaan.

Selain itu, terdapat penyakit gagal jantung merupakan kondisi jantung yang tidak mampu memompa darah menuju seluruh tubuh. Penyakit ini disebabkan oleh tekanan darah tinggi dan membuat jantung menjadi kaku untuk mengisi maupun memompa secara baik. 

Gejala yang ditimbulkan seperti sesak napas, lemah, batuk secara terus menerus berdahak, sering buang air kecil pada malam hari, terjadi pembengkakan pada perut, penambahan berat badan begitu cepat, kurangnya nafsu makan dan sulit berkonsentrasi atau turunnya kewaspadaan.

Berikut adalah makanan dan minuman yang tidak baik untuk jantung diantaranya:

  • Burger dengan lemak jenuh yang diperoleh dari hewan dikombinasikan dengan karbohidrat, menggunakan bahan-bahan berkualitas yang tidak sehat.
  • Daging olahan seperti bacon maupun sosis yang mengandung garam tinggi, sebaiknya mengonsumsi hanya 6 irisan tipis untuk setiap harinya.
  • Makanan yang digoreng penghasilan lemak trans dan menurunkan kolesterol baik dalam tubuh, sebaiknya menggunakan minyak zaitun atau kelapa.
  • Permen yang memiliki kandungan gula tambahan berperan meningkatkan obesitas dan membuat lemak jenuh menyebabkan penyakit jantung.
  • Minuman ringan dan jus menggunakan pemanis buatan yang tidak baik dikonsumsi secara berlebihan.

Selain itu, untuk menjaga kesehatan jantung sebaiknya tidak mengonsumsi sereal yang memiliki karbohidrat dan juga gula halus sehingga akan menyebabkan peradangan dan membuat gula darah naik. Mengonsumsi kue kering memiliki lemak jenuh dengan tersedianya minyak sawit dan mentega serta minyak sayur yang terhidrogenasi parsial. 

Menggunakan margarin menyebabkan kardiovaskuler dan tentunya berada dalam mentega pada suhu kamar sebaiknya memilih margarin yang lembut dan mudah disebar sehingga sehat. Berdasarkan tanya dokter online gratis, untuk menjaga kesehatan jantung sebaiknya mengonsumsi sayuran hijau dengan vitamin K untuk menjaga pembekuan darah dan melindungi arteri. 

Dapat juga mengonsumsi biji-bijian utuh seperti beras merah, quinoa, gandum hitam dan gandum utuh untuk mengurangi perkembangan kolesterol jahat. Buah yang baik untuk penderita jantung adalah raspberi, stroberi, blueberi yang memberikan nutrisi cukup untuk tubuh.

Load comments