Kamis, 11 April 2019

Kisah Cucu Rasulullah Dihujat Oleh Seorang Khatib Jum’At

Fenomena “Ceramah Dengan Caci Maki” juga pernah terjadi pada masa cucu Nabi Muhammad, Sayyidina Hasan bin Ali. Ketika datang di masjid untuk shalat Jum’at, Sayyidina Hasan shalat dua rakaat di balik tiang masjid.

Beberapa dikala kemudian, khatib yang sedang berbicara di atas mimbar mengetahui Sayyidina Hasan berada di masjid. Khatib pun eksklusif mengganti tema khutbahnya dengan cacian dan hujatan kepada putra Sayyidina Ali bin Abi Thalib itu.

“Ia memaki Sayyidina Hasan, ayahnya dan ibunya, sampai anak Sayyidina Hasan tidak berpengaruh mendengarnya,” dongeng Habib Jindan. Setelah itu, dengan geram putra Sayyidina Hasan berkata, “Wahai ayah, apakah engkau tidak mendengar apa yang tadi ia katakan?”



Putra Sayyidina Hasan meminta ayahnya menanggapi cacian khatib. Namun Sayyidina Hasan enggan melakukannya dan balik bertanya kepada putranya, “Wahai anakku, kapan engkau dapati ayahmu, kakekmu, nenekmu, mencaci maki orang lain?”

Sayyidina Hasan memaafkan sang khatib dan memperingatkan putranya. Beliau mengingatkan buah hatinya yang tampak berkeinginan membalas cacian dengan cacian. Beliau menasihati putranya, “Apakah kau ingin keluar dari thariqah (metode) Ahlulbait (Nabi)? Kita Ahlulbait bukan tukang caci-maki orang.”

Wallahu A’lam

bangkitmedia.com

Load comments