Selasa, 10 September 2019

Doa Setelah Sholat Dhuha Arab Latin dan Artinya

 - Shalat Dhuha adalah shalat sunnah yang dikerjakan saat waktu dhuha sebanyak dua rakaat atau lebih, sebanyak-banyaknya dua belas rakaat. Adapun waktu dhuha dimulai kira-kira jam 8 hingga tergelincir matahari atau sampai masuk waktu dhuhur.

Dalam sebuah hadist yang diriwayatkan Zaid bin Arqam, dia melihat orang-orang mengerjakan shalat dhuha (di awal pagi). Dia berkata, "Tidakkah mereka mengetahui bahwa shalat di selain waktu ini lebih utama. Sesungguhnya Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda, 'Shalat orang-orang awwabin (taat; kembali pada Allah) adalah ketika anak unta mulai kepanasan'." (HR. Muslim)

Doa lainnya: Doa Ketika Lewat Kuburan atau Pemakaman

Berikut ini merupakan bacaan doa sesudah shalat dhuha yang lengkap dengan tulisan Arab, bacaan Latin, dan artinya dalam Bahasa Indonesia:

Doa Setelah Sholat Dhuha Arab

اَللّهُمَّ اِنَّ الضُّحَاءَ ضُحَاءُكَ وَالْبَهَاءَ بَهَائُكَ وَالْجَمَالَ جَمَالُكَ وَالْقُوَّةَ

قُوَّتُكَ وَالْقُدْرَةَ قُدْرَتُكَ وَالْعِصْمَةَ عِصْمَتُكَ اَللّهُمَّ اِنْ كَانَ رِزْقِى فِى

 السَّمَاءِ فَاَنْزِلْهُ وَاِنْ كَانَ فِى اْلاَرْضِ فَاَخْرِجْهُ وَاِنْ كَانَ مُعَسِّرًا

 فَيَسِّرْهُ وَاِنْ كَانَ حَرَامًا فَطَهِّرْهُ وَاِنْ كَانَ بَعِيْدًا فَقَرِّبْهُ بِحَقِّ ضُحَائِكَ 

وَبَهَائِكَ وَجَمَالِكَ وَقُوَّتِكَ وَقُدْرَتِكَ اَتِنِى مَااَتَيْتَ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ


Doa Setelah Sholat Dhuha Latin:

Allaahumma innadhdhuhaa-a dhuhaauka walbahaa-a bahaauka waljamaala jamaaluka walquwwata quwwatuka walqudrata qudratuka wal'ishmata 'ishmatuka allaahumma inkaana rizqii fissamaai fa'anzilhu wainkaana filardhi faakhrijhu wainkaana mu'assaran fayassirhu wainkaana haraaman fathahhirhu wainkaana ba'iidan faqarribhu bihaqqi dhuhaaika wabahaaika wajamaalika waquwwatika waqudratika aatinii maa ataita 'ibaadikashshaalihiin.

Artinya:
"Wahai Tuhanku, sesungguhnya waktu dhuha adalah waktu dhuha-Mu, keagungan adalah keagungan-Mu, keindahan adalah keindahan-Mu, kekuatan adalah kekuatan-Mu, penjagaan adalah penjagaan-Mu, Wahai Tuhanku, apabila rezekiku berada di atas langit maka turunkanlah, apabila berada di dalam bumi, maka keluarkanlah, apabila sukar mudahkanlah, apabila haram sucikanlah, apabila jauh dekatkanlah dengan kebenaran dhuha-Mu, kekuasaan-Mu (Wahai Tuhanku), datangkanlah padaku apa yang Engkau datangkan kepada hamba-hambaMu yang soleh."


 Shalat Dhuha adalah shalat sunnah yang dikerjakan saat waktu dhuha sebanyak dua rakaat at Doa Setelah Sholat Dhuha Arab Latin dan Artinya

Itulah bacaan doa sesudah shalat dhuha yang memang sudah populer di masyarakat kita khususnya Indonesia. Tetapi perlu diketahui bahwa doa tersebut bukanlah doa dari hadist, melainkan doa ini disebutkan oleh Ad Dimyathi dalam I'anatuth Thalibiin dan Asy Syarwani dalam Syarh Al Minhaj. Wallahu a'lam.

Load comments