Minggu, 10 Maret 2019

Pesan Kh. Ali Maksum Jikalau Hoax Dan Fitnah Bertebaran

Kiai Ali Maksum Krapyak dalam kitab “Hujjatu Ahlissunah wal Jamaah” mengutip sebuah hadis yang sangat relevan untuk situasi hari ini: “Ketika fitnah/bid’ah bertebaran di muka bumi ini, maka orang alim dihentikan diam. Ia harus tampil menawarkan keilmuannya untuk memperbaiki keadaan. Jika ia tetap membisu menentukan aman, atau bersikap tak acuh, atau membiarkan keadaan chaos, maka Allah SWT beserta para malaikat dan segenap insan akan mengutuk dia”.

Hari ini, terutama di jagat media sosial, situasinya sangat memprihatinkan. Fitnah dan bid’ah bermunculan (hoax, ujaran kebencian, dll) akhir agama dibajak oleh orang-orang yang bukan ahlinya (ilmu dan sanad keilmuannya tidak jelas).

Jika situasi menyerupai ini terus dibiarkan, agama akan membusuk dan ditinggalkan pemeluknya. Siapa yang harus disalahkan? Tentu saja orang alim yang tidak memakai kealimannya untuk memperbaiki kekacauan ini.

KH. Ali Maksum (berkursi roda)


Pameo “sing waras ngalah” berlaku dikala menghadapi orang gila. Jika yang dihadapi perampok atau pembajak agama ya harus dilawan. Spirit dan prinsip hidup Ki Bagus Rangin Cirebon harus dihidupkan lagi: “Bengien wani, sekien wani, sukiki wani”

Wallahu A’lam

bangkitmedia.com

Load comments