Senin, 18 Maret 2019

Ceramah Kh. Hasyim Asy’Ari Wacana Munculnya Ulama Abal-Abal

Nasehat Hadratusysyekh yang masih relevan hingga kini, sekaligus mengingatkan kita jangan gampang mengaku pengikut Rais Akbar PBNU ini jikalau kita sendiri tidak tahu siapa tolong-menolong ia dan apa maksud ia mendirikan jam’iyyah NU.

Ini pidato Hadlratussyekh KH. Hasyim Asy’ari (Rais Akbar PBNU) usai penerimaan status rechtpersoons dari pemerintah Hindia Belanda untuk organisasi NU pada Maret 1930, ibarat dibacakan KH. Oemar Burhan Gresik, tangan kanan beliau:

بسم الله الرمن الرحيم
الحمد لله و الصلاة والسلام علي رسول الله وعلي اله واصحابه ومن اتبع هداه
(ايهاالاخوان) ماكنا نحب ان اكونا من اهل الجمعية فضلا ان اكون من رءيسهابل كنا نكتفي باءخوة الاسلام التي عقدها ديننا. ولكن لما رءينا بعض اهل هذا الزمان يدعون الي الاسلام ويجعلون انفسهم من زعماء اهله يحدثون دعاية نقصد الي صرف القلوب عن الهدي. وتسعي الي ان تفتح في وجوه شباتنا وتسباتنا طرق المجن والخلاعة. ويفتحون لهم باب اللهو ويحرصون علي ان لايبقي لشريعة الاسلام اثر ولا عين. ويجعلون النقص والرذالة لعلماء الاسلام ويجعلون الفضل والفخر في كل صالحة الي غير المسلمين. راءيناانفسنا ان تنتسبح مع اهل الجمعية غيرة علي دين الاسلام. وحرصا علي سلامة قومنا من التفرق.
(اخواني) قد كان المضللون في ما مضي من العصور يحاولونا الكيد للاسلام في شيء من الخفاء و علي شيء من الحياء. امااليوم فهم يرفعون اصواتهم بالطعن علي الاسلام في قاحة استطاعوا بها ان يملوءا اءفواههم الشكوك والاوهام. ولم يكتفوا بذلك بل عملوا لذلك جمعية وارسلوا لذلك الجراءد السيارة.
(اخواني) قد انتسبح بيني وبينكم من الصحبة والمودة. ما يجري القرابة. ويقتض دوام المواصلة واني مع قلة بضاعتي لاصلكم بصلة هي افضل من الدنيا وهي نصيحة.

Terjemahan:

Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.

Segala puji bagi Allah dan shalawat dan salam tercurah kepada Rasulullah, keluarganya dan para sahabatnya serta orang yang mengikutinya.

Saudara-saudara sekalian…

Kami di sini tidaklah suka menjadi bab dari warga organisasi ini, apalagi menjadi ketua dan pimpinannya, jikalau bukan alasannya ialah semata-mata mencari persaudaraan Islam yang dijunjung tinggi agama kita. 

Namun, tatkala kami melihat sebagian orang di masa kini mendakwahkan agama Islam, kemudian mengklaim bahwa diri mereka layak sebagai tokoh dan juru bicara agama itu, kemudian menyebar banyak sekali pembicaraan dan dakwah-dakwah yang sebetulnya membawa hati kita berpaling dari garis petunjuk yang benar.

Mereka juga berupaya membuka mata generasi muda kita supaya tergila-gila (kepada dunia) dan pada kehidupan amoral dan foya-foya, juga membuka pintu bagi belum dewasa kita itu untuk hidup hanya bersenang-senang saja. Mereka tolong-menolong hanya menciptakan syariat Islam ini tidak punya imbas dan efek dalam kehidupan. Sementara kekurangan dan keburukan ditimpakan semuanya kepada para ulama umat Islam, segenap kelebihan dan keutamaan dalam segala hal justru dilihat pada umat non-Muslim.

Melihat itu semua, kami merasa perlu menjalin dengan segenap warga jam’iyyah ini satu ghirah (gerakan) kami kepada agama Islam, sekaligus sebagai bukti akad kami untuk menyelamatkan umat dan bangsa kita dari perpecahan.



Saudara-saudaraku sekalian…

Para pendakwah kesesatan di masa-masa kemudian selalu berupaya memperdayai agama Islam ini, hingga yang tersembunyi sekalipun, hingga menohok masuk ke dalam rasa aib kita. Adapun kini ini, mereka mengangkat bunyi mereka menusuk agama Islam dengan sepuas-puasnya, hingga mereka bisa memenuhi verbal mereka dengan segenap keraguan dan angan-angan kosong.

Tidak cukup hingga di situ. Mereka juga berupaya menimbulkan dakwahnya itu menjadi kolektif (ke dalam satu organisasi), mereka mencetak surat kabar, yang menyebar kemana-mana.

Saudara-saudaraku sekalian…

Di antara kita sudah terjalin ikatan persahabatan dan cinta kasih, hubungan itu mengalir ibarat ikatan keluarga sendiri. Keakraban dan menuntut kontinuitas hubungan tali silaturahim. Meski saya penuh kekurangan, saya memberikan kepada kalian semua satu tali silaturahim yang lebih mulia dari dunia, yaitu nasihat.

bangkitmedia.com

Load comments