Selasa, 26 Februari 2019

Terbongkarnya Diam-Diam Kewalian Mbah Hamid Pasuruan

Barangkali alasannya yaitu saking akrabnya, dan mendapati keadaan yang berbeda dikala sama-sama nyantri di Pondok Tremas Pacitan, Simbah KH. Ali Maksum rahimahullah bertanya kepada Allahuyarham KH. Abdul Hamid Pasuruan.

“Asal-asale piye tho kok sampeyan saiki nganti diarani wali? (Sebenarnya bagaimana awal mula engkau kini oleh masyarakat dianggap sebagai wali?)”

Kiai Hamid menjawab, “Aku ki tansah angen-angen kalimat (Karena saya senantiasa merenungkan ungkapan): رأس الحكمة مَخافة الله (Puncak ilmu dan hikmah yaitu takut kepada Allah)”.



Maksud ungkapan tersebut, berdasarkan Mbah Ali Maksum: “Puncak ilmu yaitu yang menyebabkan pemiliknya semakin takut kepada Allah, yang menyebabkan seseorang semakin menyadari keagungan dan kebesaran Allah, yang menyebabkan seseorang menjadi semakin kepercayaan dan patuh serta taat kepada Allah. Itulah yang lalu dikenal sebagai ilmu sejati”.

Dari situ, maka apapun yang dilakukan oleh seseorang yang tidak menghasilkan rasa takut kepada Allah yaitu perbuatan yang sia-sia dan tidak ada gunanya.

Wallahu A'lam

bangkitmedia.com

Load comments