Selasa, 26 Februari 2019

Kisah Orang Nasrani Masuk Islam Karena Keajaiban Zakat

Imam Hasan bin Ali menceritakan bahwa saat kakeknya, Rasulullah saw. bersabda, “Bentengilah hartamu dengan zakat, obatilah penyakitmu dengan sedekah dan hadapilah tragedi dengan doa dan merendah diri”, lewatlah seorang Kristen dan mendengarnya.

Kristen itu berkata, “Jika perkataan Muhammad ini benar, maka saya akan beriman kepadanya. Tapi jikalau dusta, maka saya akan membunuhnya.” Saat itu ia sedang menunggu harta dari Mesir yang dititipkan kepada sebuah kafilah.

Ia kemudian mengeluarkan zakat dan sedekah dengan keinginan hartanya selamat, sekaligus mengambarkan kebenaran sabda Rasulullah. Tak usang datanglah sebuah surat yang menyatakan bahwa kafilah kawasan dirinya menitipkan harta telah dirampok.

Ia pun marah dan menghunus pedang hendak membunuh Rasulullah. Namun, belum hingga ia di rumah Rasulullah, tiba lagi surat susulan dari pembantunya yang ikut dalam kafilah, “Jangan engkau bersedih. Kafilah memang dirampok, hanya saya tertinggal di belakang sehingga saya dan hartamu selamat.”



Setelah mendengar surat yang menentramkan hatinya tersebut, ia pun membuang pedangnya dan menyatakan beriman di hadapan Rasulullah. Demikianlah, berkah zakat dan sedekah yang bisa menjaga harta, bahkan harta non-Muslim sekalipun.

Jika non-Muslim saja diberi keamanan harta dan taufik untuk memeluk Islam dengan mengeluarkan zakat dan sedekah, kemudian bagaimana dengan orang Islam yang mengeluarkan zakat dan sedekahnya?

Dinukil dari Kitab Durratun Nashihin cuilan 24 hal. 162 karya Imam Utsman bin Hasan Asy-Syakir

bangkitmedia.com

Load comments