Minggu, 10 Februari 2019

Cara Rasulullah Bersyukur Kepada Allah Atas Nikmat-Nya

“Sesungguhnya bila kau bersyukur, niscaya Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan bila kau mengingkari (nikmat-Ku), maka sebenarnya azab-Ku sangat pedih.” (QS. Ibrahim: 7).

Rasulullah ialah rujukan paripurna seorang hamba yang bersyukur kepada Allah. Beliau selalu mensyukuri apapun yang diberikan Allah kepadanya. Tidak pernah sekali pun Rasulullah mengeluhkan pemberian Allah. Apapun situasi dan kondisi yang menimpa dirinya. 

Rasulullah mengekspresikan rasa syukurnya atas semua nikmat Allah bukan hanya lewat ekspresi saja, namun juga melalui perbuatan atau tindakan nyata. Diantaranya ialah dengan tekun beribadah kepada Allah. Kendati Rasulullah sudah dijamin Allah masuk surga, namun ibadahnya begitu hebat. Bahkan dikisahkan saking tekun dan khusyu’nya menunaikan shalat malam, kedua telapak kaki Rasulullah hingga pecah-pecah. Rasulullah sangat tekun berpuasa, dzikir, dan juga sangat dermawan. Pun berbuat baik kepada sesama. 

Posisi istimewa sebagai seorang Nabi dan utusan Allah tidak menciptakan Rasulullah ‘berleha-leha’ dan ‘kemaruk.’ Meski sudah dijaga Allah dari melaksanakan perbuatan dosa (ma’shum), Rasulullah dengan menangis juga meminta ampunan kepada Allah. 

Tentu saja hal itu menciptakan para sahabat penasaran, bahkan istrinya sendiri Sayyidah Aisyah. Bagaimana mungkin seorang kekasih Allah, seorang yang dijamin masuk surga, dan seorang yang ma’shum, melaksanakan ibadah hingga segitunya. Bukankah ia tidak mempunyai dosa atau kesalahan, mengapa ia meminta ampunan kepada Allah. 

“Mengapa engkau melaksanakan itu semua Rasulullah? Padahal Allah telah mengampuni dosa-dosamu yang telah kemudian dan yang akan datang?” tanya Sayyidah Aisyah.



Merujuk buku Samudra Keteladanan Muhammad, ketekunan dan kekhusyu’an Rasulullah dalam beribadah, munajatnya, dan berbuat baik kepada sesama merupakan sarana untuk bersyukur kepada Allah. Bukan sebagai sarana untuk pertaubatan atas segala dosanya ataupun sebagai sarana untuk mengharap surga.  

“Apakah saya tidak bahagia menjadi hamba yang banyak bersyukur” kata Rasulullah menjawab pertanyaan Sayyidah Aisyah di atas.

Begitulah cara Rasulullah bersyukur. Beliau bersyukur atas semua nikmat yang diberikan Allah bukan hanya sekedar ekspresi -mengucapkan hamdalah- namun juga tindakan –yaitu dengan mengerjakan ibadah dengan tekun dan khusyu’.

Wallahu A’lam


Load comments