Rabu, 04 April 2018

Keutamaan Puasa di Bulan Ramadhan Menurut Hadist

- Mengerjakan puasa di bulan Ramadhan merupakan perintah Allah yang dasarnya sudah jelas ada dalam Al-Qur'an yaitu dalam surat Al-Baqarah ayat 183-185. Puasa tersebut diwajibkan bagi orang-orang beriman sebagai jalan untuk mencapai derajat taqwa dalam pandangan Allah SWT.

Meskipun begitu, bagi orang-orang tertentu yang tidak dapat melaksanakan puasa, ada keringanan misalnya dengan membayar fidyah. Untuk mengetahui siapa saja yang boleh berbuka puasa dibulan Ramadhan, silahkan baca 4 Golongan Orang Yang Boleh Berbuka di Bula Ramadhan.

Berpuasa pastinya memiliki banyak keutamaan, seperti hadist-hadist berikut ini yang menjelaskan tentang keutamaan puasa di bulan Ramadhan maupun keutamaan bulan Ramadhan itu sendiri:
 Mengerjakan puasa di bulan Ramadhan merupakan perintah Allah yang dasarnya sudah jelas ad Keutamaan Puasa di Bulan Ramadhan Menurut Hadist
Hadist Keutamaan Ramadhan
1. “Barang siapa mendirikan puasa Ramadan dengan penuh keimanan dan kebaikan, maka akan diampunilah dosa-dosanya yang telah lalu.” (HR Bukhari – Muslim)

2. “Seorang hamba yang berpuasa dalam sehari di jalan Allah, maka akan dijauhkan Allah orang tersebut pada hari itu wajahnya dari neraka sejauh 70 musim dingin.” (HR Bukhari – Muslim)

3. “Sesungguhnya, di surga, ada pintu yang dinamakan Ar­-Rayyân. Orang-orang yang berpuasa akan masuk melaluinya pada hari kiamat. Tidak ada seorang pun yang melewatinya, kecuali mereka. Dikatakan, ‘Di mana orang-orang yang berpuasa?’ Lalu mereka memasukinya. Jika (orang) terakhir dari mereka telah masuk, (pintu) itupun dikunci sehingga tidak ada seorang pun yang melaluinya.” (HR. Bukhari - Muslim)

4. “Shalat yang lima waktu, satu Jumat ke Jumat berikutnya, dan satu Ramadhan ke Ramadhan berikutnya, menjadi penebus dosa yang dilakukan di antara keduanya, selama dia menjauhi dosa-dosa besar.” (HR. Muslim dan Ahmad)

5. “Jika Ramadhan telah tiba, pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup, dan syaithan-syaithan dibelenggu.” (HR. Bukhari - Muslim)

Load comments