Senin, 02 April 2018

Doa Mohon Kesembuhan Tulisan Arab, Bacaan Latin, dan Artinya

- Sakit terkadang menjadikan suatu alasan bagi seseorang untuk lebih mendekatkan diri kepada yang Maha Esa. Sakit juga bisa menjadi sebuah ujian atau teguran karena kita lalai, hilap, dan lainnya. Berobat merupakan salah satu cara untuk mencapai kesembuhan, tetapi hal penting lainnya juga perlu diperhatikan dengan cara introspeksi diri dan tentunya berdoa.

Berdoa mohon kesembuhan hendaklah dibarengi dengan keyakinan bahwa doa yang dipanjatan akan dikabulkan, meskipun kapan dan bagaimana cara dikabulkannya hanya Allahlah yang Maha Mengetahui.

Baca juga: Doa Menghilangkan Rasa Sakit

Berikut ini adalah doa mohon kesembuhan berdasarkan hadist-hadist Nabi SAW yang lengkap dengan tulisan arab, bacaan latin, dan artinya.

Doa Mohon Kesembuhan Untuk Orang Lain

Allaahumma rabbannaasi adzhibil ba’si. Isyfi ‘antasysyaafi laa syifaa-a illaa syifaa-uka, syifaa-an laa yughaadiru saqamaa.

Artinya: "Ya Tuhanku, Tuhan segala manusia, hilangkanlah penyakit. Sembuhkanlah, Engkaulah Penyembuh. Tak ada penawar selain dari penawar-Mu, penawar yang menghabiskan sakit dan penyakit." (HR. Bukhari dan Muslim)

Doa Mohon Kesembuhan Untuk Diri Sendiri

Versi 1

As-alullaahal  ‘adhiima rabbil ‘arsyil ‘adhiimi an-yasyfiyanii syifaa-an laa yughaadiru saqamaa.

Artinya: "Aku memohon kepada Allah yang Maha Agung, Tuhan yang mempunyai ‘Arasy yang besar agar menyembuhkan aku, sembuh yang tidak meninggalkan sakit lagi." (HR. Abu Daud dan Tirmidzi)

Versi 2


Hasbunallaahu wani’mal wakiil. ‘Alallaahi tawakkalnaa.

Artinya: "Ya Allah, yang Maha Mencukupi aku dan yang sebaik-baiknya melindungi aku. Hanyalah kepada Engkau ya Allah aku berserah diri." (HR. Tirmidzi)

Load comments