Rabu, 07 Maret 2018

Hadist Tentang Lima Perkara Sebelum Lima Perkara

- Kehidupan manusia tidak terlepas dari pergerakan, seperti roda berputar. Kita tidak tahu apa yang akan terjadi tahun depan, bulan depan, minggu depan, besok, satu jam berikutnya, menit berikutnya, hingga detik berikutnya sekalipun. Jika Allah sudah berkehendak, maka segalanya tidak ada yang tidak mungkin. Allah hanya perlu mengatakan "terjadilah! maka terjadilah ia".

Sebagaimana dalam surah Al-'Ashr, demi masa; sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian. Berharap kita termasuk orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal shaleh, sehingga tidak termasuk orang yang merugi karena tidak bisa memanfaatkan waktu dengan baik.

Berhubungan dengan penggunaan waktu yang hanya sebentar di dunia ini, ada baiknya kita senantiasa ingat akan hadist berikut, dimana kita harus ingat  lima perkara sebelum datangnya lima perkara:
 Kehidupan manusia tidak terlepas dari pergerakan Hadist Tentang Lima Perkara Sebelum Lima Perkara
5 perkara sebelum 5 perkara
"Pergunakanlah lima perkara sebelum datang lima perkara! Pergunakan masa sehatmu sebelum tiba masa sakitmu.Pergunakan masa mudamu sebelum datang masa tuamu. Pergunakan masa kayamu sebelum datang masa miskinmu. Pergunakan waktu senggangmu sebelum datang masa sibukmu. Pergunakan masa hidupmu sebelum datang kematianmu."  (HR. Al Hakim)

1. Sehat sebelum sakit
Sehat merupakan anugerah yang tidak ternilai harganya, lebih baik mencegah daripada mengobati. Manfaatkan masa sehat untuk berbuat lebih berguna untuk sesama, untuk agama, hingga negara sesuai kemampuan. Karena jika sudah sakit, maka segala aktifitas pun akan terganggu.

2. Muda sebelum tua
Dalam sebuah lirik lagu disebutkan bahwa masa muda adalah masa yang berapi-api. Memang anak muda yang semangat pastinya akan lebih dicintai oleh Allah. Maksudnya anak muda yang semangat beribadah, semangat mencari ilmu, dan semangat bekerja. Manfaatkanlah selama usia masih produktif, karena jika sudah tua maka kemampuan pun akan berkurang.

3. Kaya sebelum miskin
Orang kaya memang idektik dengan memiliki banyak uang, dan harta benda lainnya. Kaya adalah satu kelebihan yang seharusnya bisa dimanfaatkan untuk kemaslahatan. Belanjakanlah harta di jalan Allah supaya menjadi berkah dunia akhirat. Karena kalau tidak berkah, bisa saja harta yang banyak perlahan habis hingga membawa pada kemiskinan. Jangan sampai kita malah mati-matian mengumpulkan harta yang susungguhnya tidak akan dibawa mati. 

4. Lapang sebelum sibuk
Beruntunglah jika kita memiliki banyak waktu senggang, karena tidak semua orang bisa merasakannya. Pergunakanlah waktu senggang untuk berbuat kebaikan lebih banyak, mengingat  dan memuji kebesaran Allah lebih banyak sebelum waktu sibuk menghampiri kita.

5. Hidup sebelum mati
Semasa hidup adalah hal yang paling utama dalam menjalani kehidupan. Berbuatlah yang terbaik dan berguna, mengingat hidup ini hanya sebentar. Pergunakanlah hidup dengan benar sesuai tuntunan dalam Al-Qur'an dan hadist karena segala perbuatan akan dipertanggung jawabkan. Ingatlah setiap yang bernyawa pasti akan mati.

Itulah uraian dari kami tentang hadist lima perkara sebelum 5 perkara. Mudah-mudahan bisa menambah pencerahan kepada kita tentang hakikat dan tujuan hidup yang sebenarnya yakni akhirat, sedangkan dunia hanyalah persinggahan semata.

Load comments