Selasa, 19 Desember 2017

Doa Sebelum dan Sesudah Wudhu

- Salah satu yang termasuk ke dalam rukum Islam yaitu shalat. Shalat menempati posisi kedua setelah Shahadat. Namun shalat tidak akan sah apabila Anda tidak berwudhu terlebih dahulu. Wudhu merupakan salah satu cara untuk mensucikan anggota tubuh dengan menggunakan air. Bisa juga dikatakan membersihkan anggota wudhu dari hadats kecil bagi orang yang akan mendirikan shalat, baik itu shalat wajib maupun shalat sunnah.


Apabila kita tidak menemukan air sebagaimana yang telah ditentukan maka kita menggantinya dengan tayamum. Berikut adalah bacaan ketika wudhu dan sesudah wudhu.
 Salah satu yang termasuk ke dalam rukum Islam yaitu shalat Doa Sebelum dan Sesudah Wudhu
Gambar kartun sedang berwudhu

Doa Ketika Berwudhu


نَوَيْتُ الْوُضُوْءَلِرَفْعِ الْحَدَثِ الْاَصْغَرِفَرْضًالِلّٰهِ تَعَالٰى


Bacaan: Nawaitul wudhuu-a liraf’ll hadatsil ashghari fardhal lillaahi ta’aalaa


Artinya: "Aku niat berwudhu untuk menghilangkan hadats kecil, fardhu karena Allah."



Doa Sesudah Berwudhu


اَشْهَدُ اَنْ لَااِلَهَ اِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَاشَرِيْكَ لَهُ وَاَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ 

وَرَسُوْلُهُ. اللَّهُمَّ اجْعَلْنِي مِنَ التَّوَّابِيْنَ وَاجْعَلْنِي مِنَ المُتَطَهِّرِيْنَ 

وَاجْعَلْنِيْ مِنْ عِبَادِكَ الصَّالِحِيْنَ


Bacaan: Asyhadu allaa ilaaha illallaah, wahdahu laa syariika lahu, wa asyhadu anna Muhammadan ‘abduhu wa Rasuuluhu. Allahumma j’alnii minat tawwabiina, waj’alnii minal mutathahiriina waj’alnii min ‘ibaadikash shaalihiina.

Artinya: "Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan melainkan Allah dan tidak ada yang menyekutukanNya. Aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah hamba-Nya dan utusan-Nya. Ya Allah, jadikanlah aku orang yang ahli bertobat, jadikanlah aku orang yang suci, dan jadikanlah aku dari golongan orang-orang yang saleh."

Load comments