Senin, 05 Juni 2017

6 Amalan Bangun Tidur Rasulullah

- Tidur merupakan salah satu cara yang biasa dilakukan oleh manusia untuk dapat mengistirahatkan raga sekaligus jiwa. Hal yang menandai seseorang sedang tidur ialah dengan tertutupnya mata. Dalam Islam, baik sebelum maupun sesudah tidur hendaklah diawali dan diakhiri dengan doa. 

Berikut ini adalah beberapa amalan bangun tidur yang dicontohkan oleh Rasulullah. Mudah-mudahan kita bisa mengamalkannya:

 Tidur merupakan salah satu cara yang biasa dilakukan oleh manusia untuk dapat mengistirah 6 Amalan Bangun Tidur Rasulullah1. Berdoa Bangun Dari Tidur

Apabila Rasulullah SAW bangun dari tidurnya, maka beliau membaca: Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kami setelah mematikan kami dan kepada-Nyalah tempat kembali. (HR. Bukhari dan Muslim)


2. Mengusap Wajah Dengan Tangan

Apabila Rasulullah SAW bangun dari tidurnya, maka beliau mengusap mukanya dengan tangannya. (HR. Bukhari dan Muslim)

3. Menggosok Gigi

Apabila Nabi bangun dari tidur, maka beliau memulainya dengan bersiwak. (HR. Ahmad)

4. Mencuci Tangan 3x

Apabila seseorang diantara kalian bangun dari tidurnya, maka janganlah ia memasukkan tangannya ke dalam bejana sampai ia mencucinya terlebih dahulu sebanyak 3x, karena sesungguhnya ia tidak tahu dimana posisi tangannya ketika malam hari. (HR. Muslim)

5. Membersihkan Rongga Hidung

Apabila kalian bangun dari tidur, maka bersihkan bagian dalam hidung 3x karena setan bermalam di rongga hidungnya. (HR. Bukhari dan Muslim)

6. Berwudhu

Apabila seseorang bangun dari tidurnya, maka hendaklah dia berwudhu. (HR. Bukhari dan Muslim)

Load comments