Jumat, 26 Mei 2017

Kumpulan Hadist Tentang Sunnah Puasa Ramadhan

- Sunnah atau kebiasaan dalam Islam merujuk kepada Rasulullah dan para sahabatnya. Sunnah dapat berupa ucapan, perbuatan, atau penetapan. Dalam hukum Islam, Sunnah (disebut juga sunat) berarti anjuran, dimana jika dikerjakan pelakunya mendapat pahala, jika tidak dikerjakan pelakunya tidak pula berdosa.

Sunnah puasa berbeda dengan puasa sunnah. Sunnah puasa ialah kebiasaan Rasulullah selama menunaikan ibadah puasa, khususnya di sini puasa Ramadhan. Beberapa hal berikut sangat bagus untuk kita ikuti sunnahnya, antara lain:

1. Makan sahur setelah tengah malam

Makan sahur berguna untuk menambah kekuatan selama berpuasa.
 Sunnah atau kebiasaan dalam Islam merujuk kepada Rasulullah dan para sahabatnya Kumpulan Hadist Tentang Sunnah Puasa Ramadhan
Makan / ilustrasi
Sabda Rasulullah SAW:

Dari Anas,"Rasulullah SAW telah berkata, 'Makan sahurlah kamu. Sesungguhnya makan sahur itu mengandung berkat (menguatkan badan menahan lapar karena puasa)'." (HR. Bukhari dan Muslim)

2. Mengakhirkan makan sahur

Mengakhirkan makan sahur kira-kira 15 menit sebelum memasuki waktu imsak atau sebelum fajar. Sabda Rasulullah SAW:

Dari Abu Zarr, "Rasulullah SAW telah berkata, 'Senantiasa umatku dalam kebaikan selama mereka mengakhirkan sahur dan menyegerakan berbuka'." (HR. Ahmad)

3. Menyegerakan berbuka puasa

Apabila telah nyata dan yakin bahwa matahari telah terbenam atau untuk saat ini kita bisa dengan mudah melihat waktu atau jam, sebaiknya untuk segera berbuka.
Sabda Rasulullah SAW:

Dari Sahl bin Sa'ad, "Rasulullah SAW berkata, "Senantiasa manusia dalam kebaikan selama mereka menyegerakan berbuka puasa'." (HR. Bukhari dan Muslim)

4. Berbuka dengan kurma, sesuatu yang manis, atau air

Diriwayatkan:

Dari Anas, "Nabi SAW berbuka dengan rutab (kurma gemading) sebelum shalat; kalau tidak ada, dengan kurma; kalau tidak ada juga, beliau minum beberapa teguk." (HR. Abu Dawud dan Tirmidzi)

5. Berdoa sewaktu berbuka puasa

Sabda Rasulullah SAW:

Dari Ibnu Umar, "Rasulullah SAW apabila berbuka puasa, beliau berdoa: Ya Allah, karena Engkau saya berpuasa dan dengan rezeki pemberian Engkau saya berbuka, dahaga telah lenyap dan urat-urat telah minum, serta pahala telah tetap bila Allah SWT menghendaki." (HR. Bukhari dan Muslim)


6. Memberi makanan untuk berbuka orang yang puasa

Sabda Rasulullah SAW:

"Barang siapa memberi makanan untuk berbuka bagi orang yang puasa, maka ia mendapat ganjaran sebanyak ganjaran orang yang puasa itu, tidak kurang sedikit pun." (HR. Tirmidzi)

7. Memperbanyak sedekah

Hendaklah memperbanyak sedekah di bulan Ramadhan.
Sabda Rasulullah SAW:

Dari Anas, "Ditanyakan orang kepada Rasulullah SAW, 'Kapankah sedekah yang lebih baik?' Jawab Rasulullah SAW, 'Sedekah yang paling baik ialah sedekah pada bulan Ramadhan'." (HR. Tirmidzi)

Di bulan Ramadhan juga sebaiknya kita memperbanyak membaca Al-Qur'an, mempelajari, dan mengamalkan.

Sekian kumpulan hadist tentang kumpulan sunnah puasa ramadhan. Mari menebar kebaikan terhadap sesama, silahkan gunakan tombol jejaring sosial untuk berbagi.  

Load comments