Jumat, 06 Januari 2017

Adab Buang Air Besar dan Kecil Menurut Islam

- Adab adalah peraturan yang berhubungan dengan sopan santun yang didasarkan atas aturan agama, terutama Agama Islam. Norma tentang adab ini digunakan dalam pergaulan antarmanusia, antartetangga, dan antarkaum. Sebutan orang beradab sesungguhnya berarti bahwa orang itu mengetahui aturan tentang adab atau sopan santun yang ditentukan. Namun, dalam perkembangannya, kata beradab dan tidak beradab dikaitkan dari segi kesopanan secara umum dan tidak khusus digabungkan dalam agama Islam.

Berikut ini adalah adab yang harus kita ketahui khususnya ketika akan melakukan buang air kecil dan buang air besar menurut ketentuan islam yang banyak berdasarkan pada sunnah atau hadist.
 Adab adalah peraturan yang berhubungan dengan sopan santun yang didasarkan atas aturan ag Adab Buang Air Besar dan Kecil Menurut Islam
Gambar kartun Islami
  • Sunah mendahulukan kaki kiri ketika masuk kakus dan mendahulukan kaki kanan tatkala keluar. Sebab segala sesuatu yang mulia hendaklah dimulai dengan kanan dan sebaliknya setiap yang hina dimulai dengan kiri.

  • Janganlah berkata-kata selama dalam kakus, kecuali berdoa sebelum masuk, sebab apabila Rasulullah Saw masuk kakus, beliau mencabut cincin beliau yang berukir Muhammad Rasulullah. (Riwayat Ibnu Hibban)

  • Hendaklah memakai sepatu, terompah atau sejenisnya, karena Rasulullah Saw apabila masuk kakus, beliau memakai sepatu. (Riwayat Baihaqi)

  • Hendaklah jauh dari orang sehingga bau kotoran tidak sampai kepadanya, supaya jangan menggangu orang lain.

  • Jangan berkata-kata selama di dalam kakus, kecuali apabila ada keperluan yang sangat penting yang tidak dapat ditangguhkan, sebab Rasulullah melarang yang demikian. (Riwayat Hakim)

  • Jangan buang air kecil atau besar di air yang tenang, kecuali apabila air tenang itu banyak menggenangnya, sepertu tebat. Sebab Rasulullah Saw melarang kencing di air tenang. (Riwayat Muslim)

  • Jangan buang air kecil atau kencing di lubang-lubang tanah karena kemungkinan ada binatang yang akan tersakiti dalam lubang itu, dan Rasulullah Saw melarang yang demikian. (Riwayat Abu Dawud)

  • Jangan buang air kecil dan besar di tempat pemberhentian karena akan menggangu orang yang berhenti.

  • Jangan lupa untuk selalu menyiram toilet setelah kita menggunakannya.

Demikian adab atau norma yang berhubungan dengan buang air kecil dan buang air besar. Jangan lupa bantu bagikan melalui sosial media supaya bermanfaat untuk saudara kita yang belum mengetahuinya.

Load comments