Jumat, 09 September 2016

Hadist Tentang Qurban Kambing Untuk 1 Keluarga

- Berqurban dalam Islam memang sudah dicontohkan dan perintahnya juga sudah jelas ada dalam Al-Qur'an yang artinya, "Maka shalatlah untuk Rabbmu dan sembelihlah hewan." (QS. Al Kautsar: 2), juga dalam surah lainnya "Dan bagi setiap umat Kami berikan tuntunan berqurban agar kalian mengingat nama Allah atas rezki yang dilimpahkan kepada kalian berupa hewan-hewan ternak (bahiimatul an’aam)." (QS. Al Hajj: 34). 

Waktu penyembelihan hewan qurban yaitu setelah shalat Ied, Idul Adha. Adapun hewan yang digunakan untuk berkurban adalah jenis hewan ternak tertentu, yaitu sapi, unta, kambing, dan domba serta kerbau, beberapa ulama membolehkan berqurban dengan kerbau karena dianggap satu jenis dengan sapi. Apakah satu ekor kambing bisa digunakan untuk sekeluarga? jawabannya ialah boleh, berikut adalah beberapa hadist yang berhubungan dengan hal tersebut:
 Berqurban dalam Islam memang sudah dicontohkan dan perintahnya juga sudah jelas ada dalam Hadist Tentang Qurban Kambing Untuk 1 Keluarga
QS. Al Hajj: 34
Diriwayatkan dari Abu Thalhah Radhiyallahu 'anh, bahwa Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam menyembelih dua ekor kambing kibasy yang berwarna putih. Ketika menyembelih kambing yang pertama, Beliau berkata: "Dari Muhammad dan keluarga Muhammad." Dan ketika menyembelih yang kedua, Beliau berkata: "Dari siapa saja yang beriman kepadaku dan membenarkanku dari kalangan umatku." (Diriwayatkan oleh Ibnu Abi Syaibah dan Mushannaf dan Abu Ya’laa Al Muushili dalam Musnad-nya).
  • "Pada masa Rasulullah SAW seseorang (suami) menyembelih seekor kambing sebagai qurban bagi dirinya dan keluarganya." (HR. Tirmidzi dan beliau menilainya shahih, lihat Minhaajul Muslim, 264 dan 266).
  • Suatu ketika beliau hendak menyembelih kambing qurban. Sebelum menyembelih beliau mengatakan: "Yaa Allah ini qurban dariku dan dari umatku yang tidak berqurban." (HR. Abu Daud 2810 & Al Hakim 4/229 dan dishahihkan Syaikh Al Albani dalam Al Irwa’ 4/349).
  • Diriwayatkan dari Anas, ia berkata: Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam menyembelih dua ekor kambing kibasy yang berwarna putih dan bertanduk. Beliau menyembelih yang seekor seraya berkata: "Bismillah. Ya, Allah! Ini adalah dariMu dan untukMu, kurban dari Muhammad dan keluarganya." Lalu Beliau menyembelih yang seekor lagi seraya berkata: "Bismillah. Ya, Allah! Ini adalah dariMu dan untukMu, qurban dari siapa saja yang mentauhidkanMu dari kalangan umatku."
  • Imam Al Bukhari juga telah menyebutkan sebuah riwayat yang mendukung pendapat ini dari Abdullah bin Hisyam, bahwa ia dibawa oleh ibunya, Zainab binti Humaid kepada Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam. Ibunya berkata: "Wahai, Rasulullah, bai'atlah dia." Nabi berkata: Ia masih kecil. "Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam mengusap kepalanya dan berdo'a untuknya. Dan Beliau menyembelih seekor kambing untuk seluruh keluarga Beliau."

Load comments