Minggu, 10 Juli 2016

Syarat Wajib Mengeluarkan Zakat Fitrah

- Apakah Anda termasuk orang yang wajib mengeluarkan zakat fitrah pada bulan ramadhan? Jika Anda masih ragu, ada baiknya untuk menelaah lebih lanjut, berikut ini adalah syarat-syarat orang yang wajib mengeluarkan zakat fitrah:

 Apakah Anda termasuk orang yang wajib mengeluarkan zakat fitrah pada bulan ramadhan Syarat Wajib Mengeluarkan Zakat Fitrah
Gambar ilustrasi zakat fitrah
1. Islam, salah satu ciri orang Islam yaitu mengucapakan dua kalimat syahadat dan mengerjakan sesuatu seperti yang dicontohkan Rasulullah seperti shalat, puasa, dan sebagainya. Oran yang tidak beragama Islam tidak wajib untuk membayar zakat.

2. Ia terlahir sebelum terbenam matahari pada hari penghabisan bulan Ramadhan. Apabila anak lahirnya sesudah terbenam matahari tidak wajib fitrah.

3. Pria yang menikahi wanita sesudah terbenam matahari tidak wajib membayarkan fitrah istrinya. Begitu sebaliknya jika menikahinya sebelum terbanam matahari maka pria wajib membayarkan zakat istri barunya itu.

4. Dia memiliki kelebihan harta dari keperluan makanan untuk dirinya sendiri dan bagi orang yang wajib dinafkahinya, pada malam hari raya dan siang harinya. Orang yang tidak memiliki kelebihan tidak wajib membayar zakat fitrah.

Rasulullah SAW bersabda yang artinya:
Tatkala Rasulullah SAW mengutus Mu'az ke Yaman, beliau memerintahkan kepada Mu'az, "Beritahukanlah kepada mereka (penduduk Yaman), sesungguhnya Allah telah mewajibkan kepada mereka sedekah (zakat) yang diambil dari orang-orang kaya dan diberikan kepada orang-orang fakir di kalangan mereka (penduduk Yaman)." (HR. Jama'ah ahli hadist)

"Barang siapa meminta-minta, sedangkan ia berkecukupan, sesungguhnya ia memperbesar api neraka (siksaan). Para sahabat ketika itu bertanya, "Wahai Rasulullah, apakah yang dimaksud dengan berkecukupan itu?" Jawab beliau, "Arti berkecukupan baginya sekedar cukup buat dia makan tengah hari dan makan malam." (HR. Abu Dawud dan Ibnu Hibban) 

Load comments