Rabu, 06 Juli 2016

Doa Zakat Fitrah Untuk Sekeluarga

- Zakat fitrah merupakan zakat diri yang khusus dikeluarkannya pada bulan Ramadhan, dimana pada saat itu orang-orang beriman diperintahkan untuk melaksanakan ibadah shaum/puasa. Dengan dikeluarkannya zakat fitrah diharapkan kita kembali fitri atau bersih. Mau mengetahui lebih lanjut tentang zakat fitrah yang sesuai dengan sunnah, silahkan lihat Hadist Tentang Zakat Fitrah.


Pembayaran zakat fitrah hendaklah dilakukan sebelum shalat idul fitri, kebanyakan umat Islam membayar antara tiga, dua, atau satu hari sebelum hari H. Apabila pembayarannya dilakukan setelah menunaikan shalat idul fitri maka masuknya shadaqah biasa. Untuk yang sudah berkeluarga, maka bacaanya pun ada khusus untuk sekeluarga. Berikut merupakan bacaannya baik dengan bahasa Arab ataupun latin beserta terjemahannya.
 Zakat fitrah merupakan zakat diri yang khusus dikeluarkannya pada bulan Ramadhan Doa Zakat Fitrah Untuk Sekeluarga
Doa Zakat Fitrah Untuk Sekeluarga

Doa Zakat Fitrah untuk Sekeluarga



نَوَيْتُ أَنْ أُخْرِجَ زَكَاةَ الْفِطْرِ عَنِّىْ وَعَنْ جَمِيْعِ مَا يَلْزَمُنِىْ نَفَقَاتُهُمْ


شَرْعًا فَرْضًا ِللهِ تَعَالَى


Bacaan: Nawaitu an-ukhrija zakaatal fithri 'annii wa'an jamii'i maa yalzamunii nafaqaatuhum syar'an fardhallillaahi ta'aala.

Artinya: "Saya niat mengeluarkan zakat atas diri saya dan atas sekalian yang saya diwajibkan memberi nafkah pada mereka secara syari’at, fardhu karena Allah Ta’aala."

Load comments