Rabu, 25 Mei 2016

Lakukan Hal Berikut Terhadap Orang Sakit Parah

- Sakit merupakan suatu keadaan dimana tubuh kita berada dalam kondisi menurun. Sakit bisa bersifat fisik maupun fsikis. Tidak sedikit dari sekian banyak manusia menemui ajalnya ketika sedang sakit, tapi sakit juga bisa jadi sebagai pelebur dosa-dosa, maupun sebagai ujian keimanan sesorang.

Ketika kita menemui orang yang sedang sakit parah, baik itu keluarga, kerabat, maupun orang lain, ada baiknya lakukan hal berikut:

 Sakit merupakan suatu keadaan dimana tubuh kita berada dalam kondisi menurun  Lakukan Hal Berikut Terhadap Orang Sakit Parah
Kartun Sakit

1. Hadapkan ke Arah Kiblat

Apabila Anda menemui orang sakit parah sehingga hampir menghembuskan nafas terakhir hendaklah dihadapkan ke arah kiblat. Dalam sebuah hadist disebutkan:

Dari Abu Qatadah. Bahwasanya Nabi SAW ketika sampai di Madinah, beliau menanyakan seorang yang bernama Al-Barra' bin Ma'rur. Jawab yang hadir, "Ia sudah meninggal dan mewariskan sepertiga hartanya kepada engkau dan mewasiatkan sepertiga hartanya kepada engkau dan mewasiatkan pula supaya ia dihadapkan ke kiblat apabila ia sakit parah." Kata Rasulullah SAW, "Betul pendapatnya." (HR. Hakim dan Baihaqi)

2. Diajarkan Membaca Kalimat Tauhid

Hendaklah yang menunggu orang sakit parah mengajarkan bacaan tauhid, yaitu "La ilaaha illallaah" yang artinya "Tidak ada Tuhan melainkan Allah". Rasulullah SAW bersabda:

Dari Abu Hurairah. "Rasulullah SAW berkata: Ajarkanlah olehmu orang-orang yang sakit parah (hampir mati) membaca kalimat La ilaaha Illallaah." (HR. Muslim dan Arba'ah)

Menurut beberapa keterangan, sebaiknya mengajarkan kalimat tauhid itu diselang seling dengan obrolan, sehingga orang yang sakit tidak cepat bosan.  

3. Dibacakan Surat Yaasin

Anjuran untuk membacakan Yaasin ini berdasarkan pada sabda Rasulullah SAW:

Dari Ma'qal bin Yasal. Nabi SAW berkata: "Bacakanlah olehmu surat Yaasin kepada orang yang sakit parah (hampir mati)." (HR Abu Dawud dan Nasa'i)

Itulah tiga hal yang dapat kita amalkan ketika menjumpai orang sedang sakit parah. Semoga bermanfaat. Lihat juga  

Load comments