Minggu, 15 Mei 2016

Hal Yang Perlu Dilakukan Terhadap Orang Sakit

- Sehat dan sakit merupaka dua hal yang sudah menjadi ketentuan Allah SWT, dimana setiap orang bisa mengalaminya. Tidak sedikit bahwa sakit merupakan salah satu jalan menuju kematian seseorang. Walaupun pada dasarnya kematian tidak bisa diprediksi kapan dan dimana akan terjadi, baik sehat orang sehat maupun sedang sakit bisa menemui ajalnya.

Setiap kita yang masih hidup hendaklah memperbanyak mengingat akan mati, sehingga senantiasa bertaubat dari segala macam doa, terlebih bagi orang sakit, untuk lebih giat beramal, beribadah, serta menjauhi segala larangan Allah SWT. Dalam firman Allah yang artinya:

"Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Dan sesungguhnya pada hari kiamat sajalah disempurnaan pahalamu." (Ali Imran: 185)

 Sehat dan sakit merupaka dua hal yang sudah menjadi ketentuan Allah SWT Hal Yang Perlu Dilakukan Terhadap Orang Sakit
Perlu dilakukan terhadap orang sakit
Dalam Al-Qur'an diatas jelaslah bahwa tiap yang berjiwa termasuk disini manusia pasti akan merasakan mati. Bagi manusia berjiwa sehat, ada beberapa hal yang perlu dilakukan terhadap mereka yang sakit, antara lain:

Menjenguk Orang Sakit

Menjenguk orang sakit itu hukumnya sunat. Dengan menjenguk minimal kita bisa menghibur kesedihannya, sehingga mereka merasa gembira. Secara tidak langsung, kegembiraan yang dirasakan mereka dapat menjadi obat untuk mempercepat kesembuhan dan sifat optimis untuk sembuh.

Mendoakan Orang Sakit

Ketika menengok orang sakit hendaklah kita juga mendoakan agar sakitnya cepat sembuh dan menganjurkan supaya dia bertaubat dari segala dosa, membayar utang jika ada, berwasiat, dan berprasangka baik kepada Allah Yang Maha Mengetahui. Dalam sebuah hadits yang artinya:

Dari Abu Hurairah, "Rasulullah SAW berkata, 'Allah SWT telah berfirman: Aku menurut bagaimana persangkaan hamba-Ku kepada-Ku'." (HR. Bukhari dan Muslim)

Lihat:

Membantu Secara Materi

Apabila kita memiliki rezeki yang lebih dan ada keluarga, saudara, atau tetangga sakit, tidak ada salahnya juga untuk sedikit membantu. Selain itu juga bermanfaat untuk mempererat tali silaturahim dan persaudaraan. Adapun materi disini bisa berupa uang maupun barang atau makanan.

Memang sudah menjadi tradisi khususnya di Indonesia, lihat saja ketika orang pergi menengok misalnya ke rumah sakit, biasanya ada saja yang kalau tidak membawa makanan, ia memberi sedikit materi berupa uang pada umumnya. Itu merupakan hal positif, yang berarti masyarakat kita memiliki kepedulian terhadap sesama. 

Load comments