Sabtu, 21 Mei 2016

5 Hak Seorang Islam Atas Orang Islam Yang Lain

- Agama Islam saat ini merupakan agama dengan jumlah pemeluk terbanyak di dunia. Adanya perbedaan cara-cara dalam beribadah tidak sedikit Islam terbagi-bagi dalam banyak kelompok. Satu sama lain menganggap kelompoknya paling benar. Sebenarnya sah-sah saja selama itu tidak menyimpang dari kedua hukum yaitu Al-Qur'an dan hadist, mengingat dari zaman dahulu misalnya ada banyak mazhab dan yang terkenal dan banyak digunakan hanya empat saja yaitu mazhab Syafei, Hanafi, Maliki, dan Hambali.

 Agama Islam saat ini merupakan agama dengan jumlah pemeluk terbanyak di dunia 5 Hak Seorang Islam Atas Orang Islam Yang Lain
Hak seorang muslim
Dengan adanya perbedaan peraturan, kaidah, tata cara dan lainnya, bukan berarti umat Islam tidak bisa bersatu. Cara mungkin bisa saja berbeda sesuai keyakinan masing-masing, tapi yang paling penting ialah mempercayai bahwa Tuhan itu hanya satu yaitu Allah SWT serta senantiasa melakukan segala sesuatu sesuai dengan contoh dari Rasulullah SAW.

Dalam kehidupan, antara mukmin yang satu dengan lainnya ada banyak perumpamaan. Salah satunya hadist berikut:

مَثَلُ الْمُؤْمِنِينَ فِي تَوَادِّهِمْ، وَتَعَاطُفِهِمْ، وَتَرَاحُمِهِمْ، مَثَلُ الْجَسَدِ، إِذَا

 اشْتَكَى مِنْهُ عُضْوٌ تَدَاعَى سَائِرُ الْجَسَدِ بِالسَّهَرِ وَالْحُمَّى

“Perumpamaan kaum mukmin dalam sikap saling mencintai, mengasihi dan menyayangi, seumpama tubuh, jika satu anggota tubuh sakit, maka anggota tubuh yang lain akan susah tidur atau merasakan demam.” (HR. Muslim)

Lantas hak yang bagaimana yang dapat kita dapatkan dari orang Islam lainnya? Berdasarkan hadist, ada lima hak seorang Islam atas orang Islam lainnya, yaitu:

1. Menjawab Salam


Memang sudah menjadi keharusan, apabila ada orang Islam memberi salam maka kita hendaklah menjawabnya. Hal ini berhubungan juga dengan norma dan kesopanan. Misalnya ada yang mengucapkan: "Assalaamu 'alaikum?." Maka yang mendengan menjawab dengan: "Waalaikum salaam warahmatullaahi wabarakaatuh."

2. Menjenguk Orang Sakit


Dengan menjenguk atau menengok orang sakit berarti kita peduli atas apa yang menimpa mereka dan ada baiknya mendoakan mereka. Lihat

3. Mengantar Jenazah 


Kematian merupakan suatu kejadian yang dapat menimpa siapa saja yang hidup, dimana ruh akan terpisah dari jasadnya. Kedatangannya tidak dapat diprediksi, oleh sebab itu hendaklah kita senantiasa mempersiapkan kematian supaya meninggal dalam keadaan khusnul khatimah. Mengantar jenazah merupakan hak orang Islam untuk mengantarkan ke tempat pembaringan terakhir.

4. Memenuhi Undangan


Ada berbagai tujuan dari undangan, misalnya undangan pernikahan, undangan syukuran, undangan khitanan, atau lainnya. Untuk memenuhi hak mukmin lainnya, ketika kita diundang hendaklah kita mendatangi undangan tersebut sesuai tempat, waktu, dan tanggal acaranya.

5. Mendoakan Orang yang Bersin


Hadis riwayat Al-Bukhari dari Abu Hurairah bahwa Nabi Muhammad pernah berkata:

"Ketika salah satu dari kita bersin, biarkan dia berkata, "Al-hamdu-Lillah" (Segala puji bagi Allah ) , dan membiarkan saudaranya atau pendamping berkata kepadanya, "Yarhamuk Allah" (Semoga Allah merahmati anda) . Jika ia berkata, "Yarhamuk-Allah", kemudian biarkan berkata, "Allah wa Yahdiikum yuslihu baalakum" (Semoga Allah membimbing Anda dan memperbaiki kondisi Anda)."

Kelima hak diatas diambil berdasarkan hadits dari Abu Hurairah. Nabi SAW berkata: "Hak seorang Islam atas orang Islam yang lain ada lima, yaitu: (1) menjawab salam, (2) menjenguk orang sakit, (3) mengantar jenazah, (4) memenuhi undangan, (5) mendoakan orang yang bersin." (HR. Bukhari dan Muslim)

Load comments